dunia buku (beta)

KOMPILASI PIDATO TOKOH DUNIA

Posted on: September 14, 2008

cover buku pidato-pidato yang mengubah dunia dari situs esensi

Penulis spesialis topik sejarah, Simon Sebag Montefiore, mengumpulkan pidato-pidato dari 48 tokoh yang menurut dia mampu menggetarkan pendengarnya dan mempengaruhi jalan sejarah manusia. Montefiore melengkapi naskah pidato dengan ulasan sosok oratornya dan cerita di balik pidato itu, sehingga pembaca bisa memahami di mana posisi setiap pidato dalam sejarah.

Kompilasinya dimulai dari khotbah Nabi Musa pada masa sebelum Masehi hingga pidato Presiden Amerika Serikat George Walker Bush soal serangan teroris ke menara kembar World Trade Center pada 2001. Bisa jadi ada yang bertanya-tanya mengapa pidato Martin Luther King Jr. soal kesamaan hak bisa disejajarkan dengan pidato ultranasionalis dari Adolf Hitler? Montefiore memang tak sedang membuat kisah inspirasional, ia tengah menyajikan pidato yang dianggapnya punya kekuatan menggugah pendengarnya.

Penerbit Esensi menambahkan enam pidato dari Bung Karno, Bung Tomo, dan Jenderal Soedirman agar buku ini memiliki muatan lokal. Langkah ini sebenarnya mengganggu orisinalitas buku ini karena Montefiore tentu punya alasan tak memasukkan pidato ketiga tokoh Indonesia itu. Meski tak bisa dimungkiri, pada masanya pidato ketiga tokoh lokal itu sanggup menggerakkan hati pendengarnya.

Yang menarik, Montefiore melihat pidato yang disampaikan secara spontan biasanya lebih jujur dan menggugah ketimbang yang dibacakan dari naskah yang diketik sebelumnya. Lewat bukunya, Montefiore memberi acuan model pidato yang kuat dan berpengaruh, bukan ungkapan kosong yang membuat pendengarnya mengantuk.

Penulis : Simon Sebag Montefiore
Penerbit : Esensi, 2008
Tebal : 244 halaman

3 Responses to "KOMPILASI PIDATO TOKOH DUNIA"

salam kenakl,maap. mau tanya ada ebooknya dak mengenai buku pidato tokoh dunia itu ?maksih sebelumnya.

Hallo Ipin,

Saya mencoba mencari ebook buku ini untuk Anda tapi tidak menemukannya, jadi sepertinya memang harus beli versi cetak di toko buku. Kalau mau ya e-book versi bahasa Inggris.

Jika yang dicari hanya pidatonya, dengan berselancar di internet sepertinya bisa ditemukan. Hanya saja tak ada penjelasan Montefiore soal konteks waktu dan pengaruh pidato itu dalam sejarah – yang menjadi kekuatan buku ini.

Okta Wiguna

yah gak bisa free download ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: