dunia buku (beta)

101 KISAH NEGERI CINA

Posted on: November 12, 2008

cover buku dari situs gradien mediatama

Sejak dulu negeri Cina dikenal dengan kata-kata bijak dan cerita-cerita penuh petuah. Dari sekian banyak cerita itu, Lei Wei Ye membukukan 101 mitos, fabel, hikayat, dan kisah sejarah Cina yang penuh nasihat bijak.

Cerita-cerita itu sudah turun-temurun diceritakan masyarakat Cina untuk mengajarkan pesan-pesan moral yang tak lekang oleh waktu. Karena setiap cerita memiliki tema yang berbeda, pembaca bisa bebas menikmatinya tanpa perlu mengikuti urutan yang kaku. Jumlah cerita yang banyak dengan tema beragam bisa menjadi bahan yang cukup lengkap untuk mewarnai tulisan ataupun naskah pidato.

Lewat cerita yang ada, pembaca buku ini juga bisa mempelajari makna di balik berbagai tradisi dan kebiasaan masyarakat Cina, seperti alasan membunyikan petasan pada tahun baru atau arti dari kertas merah yang biasa dipasang di pintu atau gerbang rumah masyarakat Tionghoa.

Sayangnya, berbagai istilah dalam bahasa Cina tak disertai penjelasan cara pelafalannya. Padahal, bagi mereka yang ingin mengutip cerita buku ini dan tidak fasih berbahasa Cina, tentunya itu sangat membantu. Buku seperti ini seharusnya memiliki lampiran khusus cara membunyikan huruf Cina yang diucapkan berbeda dengan huruf dalam bahasa Indonesia.

101 Kisah Bermakna dari Negeri China
Pengarang: Lei Wei Ye (Hendra Rey)
Penerbit: Gradien Mediatama, 2008
Tebal: 335 halaman

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: