dunia buku (beta)

KISAH-KISAH NATAL YANG KELAM

Posted on: December 21, 2008

21_12_2008_005_001_006

Serrafona sama sekali tak menduga bahwa ia anak seorang pengemis yang ketika masih bayi diculik kemudian dijual kepada keluarga kaya. Ia baru tahu jauh setelah kedua orang tua angkatnya meninggal.

Berbekal sebuah anting, Serrafona mencari ibu kandungnya yang memiliki pasangan anting itu. Kisah berjudul Los Felidas itu sudah terlebih dulu terkenal di dunia maya jauh sebelum buku ini diterbitkan. Sejak penulisnya menyebarkan cerita ini di milis delapan tahun lalu, berbagai blog mengutipnya, bahkan pendeta mengutipnya dalam khotbahnya.

Los Felidas menjadi satu dari 16 kisah Natal dalam buku ini. Seperti kisah memilukan Serrafona itu, cerita pendek dalam buku ini jauh dari kisah-kisah Natal yang klise, seperti orang sakit tiba-tiba sembuh atau seorang anak akhirnya mendapat hadiah impiannya.

Cerita pendek dalam buku ini justru cenderung gelap dengan tema-tema yang tak biasa sebagai kisah Natal. Misalnya, cerita perempuan yang meracuni saudara kembarnya sendiri, lantas menjadi pelacur. Pada malam Natal, waktu ketika biasanya keluarga berkumpul, ia justru tewas di tangan putranya sendiri.

Tapi buku ini bukan kumpulan kisah mengerikan. Penulisnya, Sutanto, memang sengaja menyajikan cerita-cerita yang jauh dari formula klise akhir yang bahagia. “Belajar melihat kegigihan dari kisah-kisah perjuangan lebih menge na dibanding dongeng-dongeng yang happy ending,” kata Sutanto.

Menulis cerita Natal sendiri memang sudah menjadi tradisi yang tak terlepaskan dari hari perayaan ini. Dan Sutanto tampaknya mengikuti pola cerita yang tak melulu manis seperti dilakoni penulis kenamaan asal Denmark, Hans Christian Andersen, dalam cerita tentang gadis cilik penjual korek api. Karya Sutanto ini menjadi penyegaran setelah dalam waktu cukup lama tak banyak kisah-kisah Natal yang baru.

Judul: Untaian Mutiara Natal
Pengarang: Sutanto L. Tjokro
Penerbit: Elex Media Komputindo, Desember 2008
Tebal : xi + 313

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: