dunia buku (beta)

SEPAK TERJANG DYAH PITALOKA

Posted on: July 28, 2009

Racun yang menjalari pembuluh darah membuat Sannaha limbung. Dalam keadaan tak bertenaga itu, dia terjebak di dalam gua dengan seorang raja perampok, Purandara. Sannaha berupaya melarikan diri dari perampok bergolok itu. Tapi malang, ia malah ditangkap suku primitif Thabugh.

Di tengah suku itulah putri mahkota kerajaan Sunda yang bernama asli Dyah Pitaloka ini menemukan gerakan makar yang ingin menggulingkan takhta ayahnya. Terperangkap dalam tradisi mengerikan suku itu, Sannaha berharap ada pertolongan, namun yang datang malah Purandara.

Sepak terjang Sannaha yang pandai bersiasat dan bela diri ini ditulis dengan plot tak linear yang dibungkus dengan intrik dan konspirasi politik yang kental. Hasilnya, novel karya Tasaro ini bukan cerita silat yang mengumbar kedahsyatan ilmu kanuragan semata.

Penulis bernama Taufiq Saptoto Rohadi ini memakai gaya penceritaan kilas balik yang tak banyak dieksplorasi dalam novel bertema sejarah kerajaan Nusantara. Sayangnya, penulis yang pernah menyabet penghargaan buku terbaik versi Adikarya Ikatan Penerbit Indonesia pada 2006 dan 2007 ini kelewat banyak memotong cerita dan berpindah ke setting waktu dan tempat yang berbeda. Ceritanya terasa berloncatan kian kemari sehingga tak mengalir secara halus.

Takhta Nirwana
Pengarang: Tasaro
Penerbit: Qanita, Juni 2009
Tebal: 363 halaman

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: