dunia buku (beta)

KISAH SKANDAL WAKIL RAKYAT

Posted on: September 4, 2008

Judul: Parlemen Undercover
Pengarang: Abu Semar
Penerbit: Ufuk Publishing House, Agustus 2008
Tebal: 251 halaman

Skandal seks dengan sekretaris, praktek calo anggaran dan makelar kasus, sampai berbagi lelucon porno di sela-sela sidang. Beginilah kehidupan di gedung parlemen para wakil rakyat. Eit, ini bukan cerita di gedung Dewan Perwakilan Rakyat RI, melainkan di Republik Indosiasat.

Abu Semar menyajikan lebih dari 30 kisah pelesetan bergaya narasi santai dan jenaka. Kisahnya terjadi di negeri Indosiasat, namun tokoh dan masalahnya mirip yang terjadi di Indonesia. Misalnya saja kisah rekaman adegan syur politikus partai Pohon Kuning, atau ributnya parlemen dengan band Blank.

Abu Semar adalah nama samaran. Ia anggota DPR betulan dan mengklaim bisa bertanggung jawab secara moral atas kisahnya itu. Namun, penerbit Ufuk menyatakan kemiripan cerita bisa jadi hanya kebetulan semata, yang barangkali bisa membuat masyarakat lebih berhati-hati memilih wakilnya di parlemen.

Meski memakai judul undercover, cerita yang diungkap tak terasa mencengangkan seperti kisah yang diangkat Moammar Emka dalam Jakarta Undercover jilid pertama. Beberapa halaman pertama buku ini memang mencengangkan, misalnya ulah jahil senior di parlemen yang mengirim juniornya ke tempat mesum. Namun selebihnya hanya menceritakan kisah jenaka dan cerita-cerita yang sudah jadi rahasia umum.

Mereka yang jarang memperhatikan tingkah laku anggota parlemen Indosiasat mungkin bisa terkejut juga, tapi buat yang belakangan ini mengikuti kasus korupsi para wakil rakyat barangkali akan berharap lebih. Akan lebih menarik jika buku ini memuat soal siasat anggota parlemen mendapatkan uang demi menggolkan sebuah produk hukum seperti banyak digosipkan di media massa negeri rekaan itu. Atau benarkah ada wakil rakyat Indosiasat menerima aliran uang dari Bank Indosiasat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: