dunia buku (beta)

BERGELUT DENGAN GLAUKOMA

Posted on: September 24, 2008

cover buku I Never Blind  dari situs ruangbaca.com

Arleen Djohan baru akan berangkat kerja ketika nyeri di kepalanya tiba-tiba menyerangnya. Sejurus kemudian pandangan matanya meredup dan akhirnya gelap. Matanya sama sekali tak bisa melihat.

Beruntung masalah matanya itu tak berlangsung lama. Arleen langsung memeriksakan diri ke dokter yang menyimpulkan asisten advokat ini menderita glaukoma.

Penyakit ini muncul akibat ada gangguan pada saraf penglihatan yang membuat luas pandangan menyempit dan bisa berujung pada kebutaan. Glaukoma memang tidak mematikan namun bagi Arleen penyakit yang dijuluki si pencuri mata ini bisa jadi akhir dari hidupnya.

Berbagai metode pengobatan dijalaninya, mulai dari teknik laser, operasi, hingga metode alternatif. Arleen sempat putus asa saat glaukoma kembali menyerang akibat lalai memeriksakan diri dan mengonsumsi obat.

Namun berkat disiplin dan semangat tinggi meraih kesembuhan, akhirnya Arleen berhasil mempertahankan kedua matanya.

Perjuangan Arleen ini dituliskan dalam buku ini oleh Hendra Kasenda dengan gaya penulisan mirip novel. Dokter ahli mata RS Cipto Mangunkusumo, Edi S. Affandi, memuji buku yang mudah dicerna ini. Menurut dia, kasus glaukoma terjadi lebih disebabkan masyarakat tak banyak tahu soal penyakit ini sementara tak banyak literatur yang membahas soal penyakit penyebab kebutaan nomor dua setelah katarak.

Selain kisah Arleen buku ini juga dilengkapi juga tips-tips seputar glaukoma serta tulisan Edi S. Affandi yang mengulas secara teknis soal penyakit ini. Membaca buku ini tak ubahnya mengikuti seminar soal penyakit yang biasanya menghadirkan penderita atau mantan penderita yang diikuti penjelasan dari seorang ahli medis. Bedanya, gaya penyajian Hendra membuat buku ini ringan dan tak membosankan untuk dibaca.

Pengarang: Hendra Kasenda
Penerbit: GP Media, November 2007
Tebal: 208 halaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: