dunia buku (beta)

MEMERANGI KANKER PAYUDARA

Posted on: September 24, 2008

Tak banyak bacaan berisi kisah-kisah perjuangan menghadapi penyakit yang menggugah. Padahal orang yang bergelut dengan penyakit ganas merasa buku-buku ini bisa membantu mereka melewati masa-masa sulit.
“Kalau saja dulu ada buku yang menceritakan soal penderita kanker, pasti penderitanya tak akan melakukan banyak kebodohan,” ujar Siti Aniroh, perempuan berusia 31 tahun yang baru saja memenangi pertarungan dua tahun melawan kanker payudara.

Ia lantas memutuskan menulis buku tentang penderitaannya agar orang bisa bersiap menghadapi kanker seperti yang diidapnya dan tetap bertahan. Buku itu ia beri judul Nobody Happy With Cancer, Be Brave and Smart.

siti aniroh (Okta Wiguna / Dunia Buku)

Ani menulis tentang kesulitan yang ia hadapi karena dokter yang mengobati penyakitnya dinilainya tak ramah dan tak mau menceritakan dengan detail penyakit yang dialaminya meski Ani sudah berinisiatif bertanya. Baru setahun setelah diagnosa kanker itu Ani akhirnya berobat ke Singapura.

Perjalanan menuju kesembuhan sangat berat bagi Ani misalnya saja proses kemoterapi yang melelahkan dan membuat rambutnya rontok. Ani yang menguatkan diri mencukur habis rambutnya ini harus hancur saat anaknya pulang penuh isak tangis dan marah jadi bahan olok-olok karena rambut ibunya yang tak biasa itu.

Belum lagi saat ia bersama suaminya membahas mastektomi atau pengangkatan payudara. Semua keraguan, ketakutan, kesedihan, kemarahan, dan kegembiraan dicatat Ani dalam sebuah buku kecil. Ani yang kini hidup dengan satu payudara ini mengetik ulang semua catatan itu dengan berderai air mata lantaran karena harus mengingat lagi masa-masa perawatan yang menurutnya amat berat.

Ia sudah menawarkan bukunya ini ke banyak penerbit dan mendapat jawaban bahwa masih ada buku lain yang lebih penting. Ani akhirnya merogoh koceknya sendiri untuk menerbitkan buku ini.

“Benar-benar berat untuk tetap bisa konsentrasi menulis dalam keadaan sakit,” ujarnya. “Karena itu buku ini harus terbit agar banyak orang yang tak mengalami masalah seperti saya,” katanya.

Kisah Ani ini mengingatkan bahwa perjuangan melawan penyakit ganas hanya sanggup ditulis dan dicatat oleh orang yang tidak patah semangat menghadapi kondisinya.

8 Responses to "MEMERANGI KANKER PAYUDARA"

[…] klik di sini untuk baca resensi buku Nobody Happy With Cancer, be Brave And Smart Tags: bedah buku, kanker payudara, nobody happy with cancer, siti aniroh, the peak setiabudi […]

Aniroh, aku sangat ingin sekali membaca buku pengalaman hidupmu. Udah 11 tahun lebih kita gak pernah ketemu.

Akhirnya kita bertemu juga ya Bang….ha-ha-ha perjalanan hidup manusia memang penuh dengan misteri. salam hangat buat istri dan anak-anak…

Kucari dan kucari ternyata ketemunya dimonitor, HP-mu tidak bisa kuhubungi, apasuadah ganti. Bagaimana dengan Awani-mu, aku perlu bukumu gimana ya? plus ttd penulisnya, biar keren gitu lho. Salam ya untuk Mas Iwan…

Kucari dan kucari ternyata ketemunya dimonitor, HP-mu tidak bisa kuhubungi, apa udah ganti. Bagaimana dengan Awani-mu, aku perlu bukumu gimana ya? plus ttd penulisnya, biar keren gitu lho. Salam ya untuk Mas Iwan…

Hii….nomor HP ku tidak pernah ganti lho…..so…tadi kita sudah ngobrol tentang “yogyakarta” he-he-he….
Insya Allah silaturahmi akan kembali terjalin. Ketemu terakhir di tempat Mba Risa 2006 ya….salam buat Mba Igus dan anak-anak.

mbak yg cantik…. piye kbre… klu jd pindah ke jogja aku mo ikut nganter yaaaaa…

mbak siti,
sy mw nanya nih,
kira” buku mbak msh ada dijual gak?
klo msh, kira” tersedianya dimana ya mbak?
mhn jawabannya mbak…
sy lg butuh bgt buku ini skrg…
makasih mbak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: