dunia buku (beta)

LARIS MANIS BUKU OBAMA

Posted on: December 5, 2008

Gegap gempita pemilihan presiden Amerika Serikat sudah berakhir tapi demam Barrack Obama di Indonesia baru saja dimulai. Kemenangan Obama pada pemilu tersebut membuat perusahaan penerbitan dan toko buku di Indonesia bungah karena penjualan buku seputar presiden kulit hitam pertama Amerika Serikat itu meroket.

Penerbit Mizan mencatat penjualan buku langsung melonjak segera setelah Obama dinyatakan memenangi kursi kepresidenan pada awal November lalu. Community Relations Mizan, Pangestuningsih, mengatakan buku Andai Obama Presiden Amerika: Harapan atau Ancaman karya Hermawan Aksan hingga pertengahan November sudah terjual 900 eksemplar padahal sebulan sebelumnya hanya laku sekitar 300 eksemplar.

“Kenaikannya sampai 191 persen,” ujar Pangestuningsih. “Jadi buku itu sebentar lagi masuk daftar best seller Mizan.”

Awalnya Mizan sempat ragu menerbitkan buku ini menjelang pemilihan presiden. Sementara penerbit lain menahan diri, Mizan justru memberanikan diri menerbitkan buku Obama berbekal optimisme bahwa senator asal Illinois itu akan menang. Keputusan yang belakangan terbukti tepat

Fenomena yang sama juga terjadi pada buku terbitan Mizan Pustaka, Barack Hussein Obama Kandidat Presiden Amerika Yang Punya “Muslim Connection”, yang ditulis Anwar Holid. Pada Oktober lalu buku ini terjual 400 eksemplar dan selama November laku lebih dari 900 eksemplar.

Mizan sendiri memang penerbit yang paling getol mengeluarkan buku soal Obama. Selain dua buku tadi Kelompok Mizan juga memiliki dua judul lain yaitu Obama, Tentang Israel, Islam, dan Amerika yang disusun Tim Hikmah serta Jangan Bunuh Obama! yang ditulis oleh Hermawan Aksan. Sayangnya Mizan tak memiliki catatan penjualan buku-buku ini.

Lonjakan penjualan juga dialami Ufuk Publishing House untuk buku Barrack Obama, Dari Jakarta Menuju Gedung Putih yang ditulis sendiri oleh Obama. Manajer Pemasaran Ufuk, Taufiq Hadad, mengatakan pemesanan buku yang sudah terjual sekitar 20 ribu eksemplar ini langsung meningkat setelah Obama terpilih menjadi presiden.

Ufuk pun sampai kebingungan memenuhi permintaan yang terus-menerus datang dari toko buku. “Kami sampai sempat kehabisan stok,” ujarnya.

Ufuk pun akhirnya mencetak ulang buku ini sebanyak 5.000 eksemplar. Buku yang sebelumnya berformat hardcover ini diubah menjadi softcover yang sekaligus menurunkan harganya.

Begitu dilepas ke pasar buku ini langsung terjual sekitar 1.000 eksemplar. Menurut Taufiq, angka penjualan selama satu minggu tersebut terbilang fantastis karena biasanya jumlah itu baru bisa diperoleh setelah buku dijual selama sebulan.

Meledaknya penjualan buku ini tentunya kabar gembira bagi Ufuk yang sebelumnya sempat ketar-ketir mengikuti pemilu di Amerika karena kekalahan Obama berarti kematian penjualan buku itu padahal modal yang dikeluarkan untuk mendapatkan hak ciptanya terbilang lumayan besar. Taufiq pun mencatat penjualan sempat turun ketika Obama hampir dikalahkan Hillary Clinton pada konvensi Partai Demokrat dan saat kampanye pemilihan presiden melawan calon Partai Republik, John McCain.

Dengan terpilihnya Obama, Taufiq optimistis tingginya minat pembaca tersebut akan bertahan lama. Bahkan ia memperkirakan ledakan penjualan akan terjadi lagi jika Obama berkunjung ke Indonesia. “Buku-buku Obama ini bisa panjang umurnya,” ujarnya.

Tingginya penjualan itu mengundang bermunculan berbagai buku soal Obama. Penerbit Gramedia Pustaka Utama misalnya, menerbitkan “Obama in His Own Words; Ucapan dan Pikiran Barack Obama tentang Segala Hal” yang ditulis Lisa Rogak.

Ganeca Exact juga menerbitkan Barack Obama Sang Presiden. Buku yang ditulis Budi Santoso ini sebenarnya tak terlalu berbeda dengan buku biografi Obama kecuali ada bab yang mengisahkan kesuksesan Obama memenangkan pemilihan presiden.

Buku-buku Obama di luar negeri pun menjadi buruan penerbit lokal. Salah satu yang banyak diperebutkan adalah memoar Obama yang berjudul Dreams of My Father, A Story of Race and Inheritance. Seorang sumber Tempo yang mengikuti proses penawaran buku tersebut menceritakan hak cipta buku tersebut akhirnya dilepas Oktober lalu kepada sebuah penerbit lokal seharga sekitar US$ 6.000.

Selain buku seputar Obama, penerbit juga mulai menggarap buku-buku yang tidak menampilkan sosoknya tapi orang-orang di seputar Obama. Ufuk Publishing House meluncurkan buku profil Michelle Obama, Lebih Pintar Dari Obama!.

Buku yang ditulis Wasis Wibowo ini mengupas sosok istri Obama, Michelle LaVaughn Robinson. Dalam buku ini diceritakan sekelumit kisah hidup Michelle dan perannya dalam meyakinkan suaminya untuk maju dalam pencalonan Presiden Amerika Serikat ke-44.

Sementara itu Mizan menerbitkan desertasi ibu Obama, Stanley Ann Dunham, yang berjudul Pendekar-pendekar Besi Nusantara – Buku yang Memuat Pandangan Ibunda Barack Obama tentang Indonesia. “Sekarang ini apapun menyangkut Obama itu laku keras,” ujar Pangestuningsih.

Selain penerbit, pihak yang menangguk untung besar dari demam Obama adalah toko buku. Mereka menyiasati dengan menyediakan area dan rak khusus buku Obama.

Salah satunya adalah toko buku Leksika di bilangan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Menurut Branch Manager Leksika Lenteng, Agung Manuntun, menjelang pemilihan presiden di negeri Abang Sam tersebut tokonya sudah menyiapkan satu rak khusus untuk buku Obama.

Seperti toko buku lainnya, Leksika juga telah memesan stok lebih banyak termasuk juga mengimpor buku Obama untuk mengantisipasi jika pria yang pernah menetap di Jakarta itu memenangi kursi presiden. “Kami sudah ada feeling ini akan laku keras,” ujarnya.

Selepas kemengan Obama, Agus menyulap salah satu sudut di lantai dasar tokonya menjadi pojok khusus Obama. Hasilnya, buku-buku terkait presiden kulit hitam pertama dalam sejarah AS itu laku keras. “Yang beli lumayan banyak,” kata Agus.

Agus menceritakan, jauh sebelum kemenangan Obama pun penjualan bukunya sudah cukup tinggi dan kini jumlah penjualannya berlipat ganda. Ia tak tahu pasti berapa jumlah penjualan buku tersebut namun dalam setiap hari ada saja pelanggan yang membeli buku Obama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: