dunia buku (beta)

SEBELUM MUKJIZAT PERTAMA

Posted on: December 21, 2008

cover dari situs penerbit gramedia pustaka utama

Cerita yang hilang soal masa muda Yesus sebelum memulai misinya pada usia 30 tahun selalu menjadi ladang terbuka bagi imajinasi kreatif para penulis. Kali ini giliran Anne Rice yang menulis kehidupan Yesus di tengah masyarakat desa Yahudi dengan pelbagai problema adat-istiadat hingga penyerbuan penjahat ke desa itu. Cerita kemudian beranjak ke peristiwa pembaptisan di Sungai Yordan hingga ke mukjizat pertamanya di Kana.

Dalam novel ini, Anne menampilkan sosok Yesus yang manusiawi. Yesus yang merasa lelah, tak percaya diri, sehingga selalu berjalan merunduk, bahkan jatuh cinta. Lewat gaya bercerita sudut pandang orang pertama, Anne menghadirkan pergulatan dari kacamata Yesus sendiri dalam menghadapi godaan hidup, termasuk desakan untuk memimpin pemberontakan terhadap penjajahan Romawi. Dan dalam seluruh cerita di novel ini, sang penulis tak menamai tokoh utamanya Yesus, tapi memilih nama dalam bahasa Ibrani, Yeshua.

Novel ini penuh sesak dengan tokohtokoh yang bagi pembaca kitab Injil sekalipun akan merasa asing. Saking banyaknya sampai terkadang cukup memusingkan untuk mengingatnya satu nama dan kaitannya dengan Yesus.

Sebelumnya, Anne Rice telah menulis novel Interview with the Vampire dan serangkaian kisah vampir lain, termasuk The Queen of the Damned. Kedua karyanya itu telah difilmkan.

Anne, yang tadinya ateis, kembali memeluk Katolik. Pada November 2004, ia menegaskan akan berhenti menulis soal vampir dan hanya akan menulis bukubuku religius. Lalu Anne mulai menulis trilogi novel kisah kehidupan Yesus dan novel ini merupakan buku kedua dari trilogi tersebut. Buku pertamanya, Christ the Lord: Out of Egypt, juga diterbitkan Gramedia dengan judul Kristus Tuhan: Meninggalkan Mesir.

Judul: Christ the Road; The Road to Cana (Kristus Tuhan: Jalan Menuju Kana) Pengarang: Anne Rice
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Desember 2008
Tebal: 304 halaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: