dunia buku (beta)

MENDIDIK KARYAWAN CARA TOYOTA

Posted on: December 28, 2008

cover buku dari situs erlangga.co.id

Saat bergabung dengan Toyota David P. Meier terkejut ketika ia diminta mengerjakan tugas yang berbeda dengan keahlian dan pendidikannya. Setiap hari atasannya datang dan mengajarinya sedikit demi sedikit hingga akhirnya ia bisa menguasai pekerjaan yang tadinya asing buatnya.

David akhirnya memahami bahwa perusahaan ini mengembangkan sumber daya manusianya dengan menempatkan atasan sebagai guru yang mendidik bawahannya. Kegagalan bawahan merupakan kegagalan atasan dalam mengajar.

Prinsip manajemen sumber daya manusia tersebut dijabarkan dalam buku yang dibagi ke dalam 16 bab ini. “Kami memberi penjelasan yang lebih mendetil dari konsep yang pernah dibahas dalam The Toyota Way Fieldbook,” kata David kepada duniabuku setelah peluncuran buku ini di Auditorium Kampus Binus Hang Lekir.

Meski pembahasannya mendetil lengkap dengan skema dan tabel, namun ini bukan panduan praktis. Bahasan buku ini masih di tataran konsep dan ada baiknya membaca buku-buku seri The Toyota Way sebelumnya agar bisa dengan cepat menangkap isi buku ini.

David mengingatkan, prinsip dalam buku ini pun tak bisa begitu saja di copy-paste ke perusahaan lain. “Anda harus mengerti konsep dan menangkap esensinya lalu diterapkan sesuai dengan kondisi perusahaan,” ujarnya.

The Toyota Talent
Pengarang: Jeffrey K. Liker & David P. Meier
Penerbit: Esensi, 2008
Tebal: xviii + 378 halaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: