dunia buku (beta)

CERITA PARA PENGEMBARA LAUT

Posted on: January 27, 2009

cover buku dari situs bukabuku.com

Antropolog asal Perancis, Francois-Robert Zacot, meneliti orang Bajo yang hidup di Pulau Nain di sebelah utara Manado dan desa Torosiaje di Gorontalo. Buku ini berisi catatan lapangan Zacot bukan laporan ilmiahnya atas suku Bajo sehingga dengan luwes ia mengisahkan hari-harinya bersama suku yang memilih hidup di perahu dan rumah di atas air laut.

Layaknya karya etnografi lainnya, Zacot mencatat segala sendi kehidupan orang Bajo mulai dari sistem kepercayaan hingga mata pencahariannya. Namun kelihatan sekali ia sangat tertarik mencari alasan suku ini menetap di laut dengan menggali asal-usul suku ini yang simpang siur dan penuh mitos.

Zacot juga menangkap suku ini kesulitan menghadapi modernisasi yang mengancam identitas dan kelestarian budaya Orang Bajo. Salah satunya, pemaksaan orang laut ini tinggal di daratan.

Lewat buku ini Zacot menghadirkan kearifan lokal Bajo yang sayangnya justru sering tak berhasil dipahami oleh orang Indonesia sendiri. Karya Zacot ini menambah panjang daftar tulisan etnografi suku di Indonesia yang seakan tak ada habisnya untuk ditelusuri.

Judul: Orang Bajo Suku Pengembara Laut
Pengarang: Francois-Robert Zacot
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia, 2008
Tebal: 482 halaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: