dunia buku (beta)

PROMOSI BUKU LEWAT FACEBOOK

Posted on: February 2, 2009

Orang Indonesia tengah keranjingan Facebook. Sekitar sejua orang mengakses situs jejaring sosial ciptaan Mark Zuckerberg ini diakses orang di berbagai gedung perkantoran, kafe, mal, warnet dan lewat telepon seluler.

Popularitas Facebook ini dimanfaatkan penerbit Rose Heart Publishing mempromosikan buku antologi cerpen Good Lawyer yang tengah digarapnya. Pemilik perusahaan penerbitan itu, Risa Amrikasari, memanfaatkan fitur iklan di Facebook untuk mempromosikan buku yang ditulis keroyokan oleh beberapa blogger, termasuk pembuat kisah Catatan Si Boy, Zara Zettira Z.R.

Risa membuat satu halaman khusus soal buku ini dan menulis catatan-catatan terkait dengan buku yang akan diterbitkannya itu. Karena para penulisnya juga memiliki account di Facebook, mereka yang tertarik pada buku itu bisa langsung berinteraksi dengan para penulis.

Belum lagi diluncurkan, sekitar 500 pemakai Facebook sudah menyatakan diri menjadi penggemar buku ini. Bahkan beberapa dari mereka sudah menyatakan siap hadir dalam acara peluncurannya.

“Awalnya hanya coba-coba, tapi hasilnya sangat beyond expectation,” ujar Risa. Menurutnya, promosi lewat Facebook ini terbilang efisien untuk perusahaan penerbitan miliknya yang relatif baru dan belum punya nama.

Ia juga berpendapat pemasaran lewat Facebook juga lebih efektif lantaran ada fitur-fitur khusus yang disediakan Facebook yang bisa membuat iklannya dibaca oleh khalayak yang sesuai keinginan. Lagipula animo terhadap bukunya lebih terukur karena di Facebook jarang ada account palsu seperti di Friendster.

Facebook memang lahan menjanjikan bagi promosi dan iklan. Situs jejaring ciptaan Mark Zuckerberg ini menjadi salah satu situs dengan pertumbuhan pengakses tertinggi di Indonesia. Bahkan penambahan user Facebook di Indonesia jauh lebih cepat ketimbang di Cina dan India.

Hingga akhir Januari 2009 pengguna Facebook di Indonesia telah menembus angka sejuta orang padahal hingga akhir tahun lalu penggunanya masih sekitar 700 ribu orang. Ini berarti jumla facebooker Indonesia jauh melebihi pengguna di Singapura dan Malaysia.

Situs pemeringkat Alexa.com menempatkannya sebagai situs ranking kelima yang paling banyak diakses di Indonesia. Bahkan Indonesia tercatat dalam sepuluh besar negara pemakai situs yang mulai dibuka untuk umum pada 2006 ini.

BACA JUGA:

BLOGGER MEN-SASTRA-KAN PROBLEMA HUKUM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: