dunia buku (beta)

MENERKA WAJAH DUNIA DI 2025

Posted on: February 8, 2009

cover buku dari situs bukabuku.com

Futurolog James Canton meramalkan pada 2025 akan ada sepuluh masalah yang paling mempengaruhi kehidupan manusia antara lain krisis energi, ancaman terorisme, globalisasi dan benturan kebudayaan, perubahan iklim, hingga perkmbangan teknologi yang mengubah hidup manusia. Ramalan Ketua Institute for Global Future ini bukan hasil nujum tapi dari pengamatan berbagai jejak dan pola perubahan sepanjang sejarah manusia.

Ia memberikan prediksi ilmiah serta memberikan contoh-contoh kasus dalam bentuk penggalan berita utama di masa depan yang membuat isi film fiksi ilmiah terasa dangkal dibanding kondisi yang disebutnya sebagai masa depan yang ekstrim. Sebut saja ramalan penentuan kewarganegaraan berbasis DNA hingga barang tiruan pabrikan Cina yang berlisensi dan bersertifikat Interpol.

Sayangnya karena ditulis untuk pembaca Amerika maka pemaparan Canton terlalu Amerika-sentris. Analisis-analisis Canton pun terasa sangat kental pandangan masyarakat Amerika yang didominasi ideologi liberal dan paham kapitalisme dengan sistem pasar bebasnya.

Problemnya, buku ini ditulis sekitar empat tahun lalu dan saat itu paham kapitalisme sedang jaya-jayanya. Kini sistem pasar ebbas yang ditawarkan Canton sebagai jalan keluar menghadapi krisis masa depan yang ekstrim itu mulai runtuh seiring badai krisis ekonomi menerpa Amerika dan Eropa yang menjalar ke seluruh dunia. Canton tak meramalkan yang satu ini meski ia menuliskan kekhawatirannya dan kritiknya tentang sistem dalam negeri Amerika.

Namun itu tak mengurangi makna bagi pembaca Indonesia karena masa depan yang ditulis Canton tidaklah kaku karena hanya dimaksudkan sebagai tantangan dan inspirasi bagi para pebisnis dan pengambil kebijakan. Menurut penasihat kebijakan masa depan Motorola dan general Electric ini masa depan masih bisa diintervensi dengan ide-ide segar yang menawarkan solusi pencegah krisis-krisis ekstrim di masa depan. Masa yang perlu disikapi dari sekarang yang ketika datang akan melibas mereka yang tak siap.

The Extreme Future
Pengarang: James Canton
Penerbit: Pustaka Alvabet, Januari 2009
Tebal: xii + 468 halaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: