dunia buku (beta)

MEMASARKAN PARTAI POLITIK

Posted on: February 16, 2009

cover buku dari situs penerbit yayasan obor indonesia

Bisnis dan politik memang berada di ranah yang berbeda namun keduanya sama-sama berupaya membujuk masyarakat agar memilih hasil kerja mereka. Jika perusahaan ingin membujuk lewat promosi dan iklan agar masyarakat memilih produk dan jasa mereka, maka partai politik berkampanye agar publik memilih kader mereka.

Kemiripan itulah yang dilihat Firmanzah membuat partai politik itu bisa memanfaatkan prinsip-prinsip pemasaran dalam menyusun strategi politiknya. Dalam bukunya ini, dosen Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini memaparkan pemanfaatan prinsip pemasaran dalam pencitraan partai dan kampanye pemilihan umum.

Meski ilmu pemasaran bisa diterapkan dalam dunia politik, Firmanzah juga mewanti-wanti agar para pemakainya berhati-hati. Brand yang kuat dalam dunia bisnis akan terus memimpin pasar sementara partai dengan pencitraan yang kuat sekalipun bisa tersingkir dari panggung politik akibat strategi yang salah.

Buku ini merupakan edisi revisi dari judul sama yang diterbitkan pada 2006. Firmanzah memutakhirkan data menyertakan contoh kasus pemilihan kepala daerah yang baru mulai marak setelah terbitan pertama tersebut.

Marketing Politik – Antara Pemahaman dan Realitas
Pengarang: Firmanzah
Penerbit: Yayasan Obor Indonesia, 2008
Tebal: XLII + 367 halaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: