dunia buku (beta)

KISAH PERI YANG GELAP & JAHAT

Posted on: February 20, 2009

Novelis perempuan asal Inggris menulis kisah peri yang gelap dan gothic. Seperti J.K. Rowling ia menulis cerita anak dengan menghindari pendekatan yang manis dan menggambar sendiri ilustrasinya. Akankah karyanya mengulang sesukses Rowling?”

Novel anak debutan Michelle Harrison, The Thirtheen Treasures, memenangkan the Waterstone’s children’s book prize. Harrison mengisahkan seorang gadis 13 tahun, Tanya, yang berlibur musim panas ke rumah neneknya yang menyeramkan.

Tanya yang dapat melihat peri bersama anak pelayan rumah, Fabian, berupaya memecahkan misteri yang selama beberpaa generasi telah menghantui keluarganya. Novel bernuansa gelap dan gothic ini mengisahkan petualangan Tanya mencari kebenaran tentang seornag gadis yang lenyap di hutan dekat rumah neneknya 50 tahun silam.

Harrison menceritakan, ide cerita itu diperoleh saat melihat gambar-gambar peri di kuliah jurusan ilustrasi yang ditempuhnya di Universitas Stafford. “Berbeda dengan persepsi peri yang manis dan imut, gambar peri era Victoria ini jahat,” kata Harrison. “Saya jadi tertarik membuat cerita tentang seorang gadis cilik menghadapi peri yang gelap dan jahat.”

Harrison, 29 tahun, mulai menulis kisah ini pada tahun pertama kuliahnya pada 2002. Ia menyimpan naskah itu tujuh tahun lamanya sebelum akhirnya mengikat kontrak dengan penerbit Simon and Schuster.

photo taken from guardian.co.uk

Kemenangan novel debut ini membuat Harrison benar-benar bungah. Sejak berumur 14 tahun ia selalu bermimpi jadi penulis. Ini juga hasil dorongan guru-guru sekolah yang mendukung Harrison menulis cerita pendek.

“Saat saya lulus sekolah saya berambisi menjadi pengarang sekaligus ilustratorwas an ambition to be an author and an ilustrator,” kata Harrison. Fiksi anak dipilih sebab memungkinkan dirinya menulis sekaligus menyertakan gambar-gambar buatannya.

Kini Harrison tengah menulis sekuel buku ini yang lagi-lagi akan ia buat sendiri ilustrasinya. Ia merencanakan nantinya akan ada dua buku sekuel.

dunia buku – guardian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: