dunia buku (beta)

PERPUSTAKAAN INGGRIS BELI BUKU ANTI PERPUSTAKAAN

Posted on: February 20, 2009

photo taken from guardian.co.uk

Perpustakaan British Library membeli buku manifesto futuris Italia Filippo Tommaso Marinetti yang isinya menyatakan semua perpustakaan seharusnya dibakar rata dengan tanah. Buku berjudul Parole in Libertá Futuriste Olfattive Tattili Termiche (Words in Futurist, Olfactory, Tactile, Thermal Freedom) itu dibeli oleh perpustakaan Inggris seharga £83,000.

Pembelian tersebut dilakukan dalam rangka 100 tahun futurisme yang dipelopori oleh Marinetti. Buku yang dikenal sebagai Buku Kaleng itu ditulis Marinetti pada 27 halaman terbuat dari logam yang dianggap unik dan menunjukkan energi dan pemikiran dinamis para futuris.

Pembelian ini terjadi dengan setelah perpustakaaan Inggris didekati seorang perantara dari Sackner Archive of Visual and Concrete Poetry di Miami. “Akuisisi ini penting demi melengkapi sekitar sepuluh ribu koleksi baha cetakan yang avant-garde,” kata Kepala Koleksi Eropa dan Amerika British Library, Stephen Bury “Kami sekarang punta tiga buku terpenting dari kelompok futuris Italia yang tak bisa ditemui di tempat lain!”

Lewat manifestonya, Marinetti mendorong para seniman merengkuh kecepatan dan teknologi. Ia juga menganggap perang sebagai satu-satunya cara pembersihan dunia dan berjanji memusnahkan semua museum, perpustakaan, serta melawan gerakan moralis, feminis, dan utilitarian yang dianggap pengecut.

David Barrie, Direktur Art Fund, mengatakan, “Buku berhalaman logam ini adalah karya yang luar biasa sebagai bukti semangat revolusioner sebuah gerakan yang percaya kekuatan seni mengubah dunia,” ujarnya. Barrie juga menilai buku tersebut menunjukkan hubungan kompleks antara elit seniman Italia dengan kelompok fasis era Mussolini.

duniabuku – Guardian

1 Response to "PERPUSTAKAAN INGGRIS BELI BUKU ANTI PERPUSTAKAAN"

very unique at all,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: