dunia buku (beta)

PERJALANAN SUNYI AYAH & ANAK

Posted on: March 10, 2009

cover buku dari situs penerbit gramedia

Bencana yang melanda bumi itu sungguh dahsyat. Awalnya tumbuhan dan hewan yang mati, lalu menyusul peradaban manusia. Seorang ayah dan anak lelakinya menempuh perjalanan mencari tempat bertahan hidup sembari berusaha tetap waras di tengah kekurangan makanan yang mendorong manusia lain menjadi kanibal. Sebuah perjalanan yang terus-menerus didera masalah dan bahaya.

Inilah novel McCarthy yang meraih penghargaan Pulitzer kategori fiksi pada 2007. Selain temanya, keunikan karya novelis, yang juga menulis No Country for Old Men, ini ada pada gaya penulisan yang tak biasa. Sampai-sampai penerbit Gramedia pun harus meminta sastrawan Sapardi Djoko Damono untuk menyuntingnya.

Kalimat-kalimatnya pendek, tak mempedulikan aturan bahasa, dialog tanpa tanda kutip, dan tak mengenal bab. Pembaca sama sekali tak diberi jeda menarik nafas. Itu sama seperti kedua tokoh utama yang hanya berfokus pada tujuan di akhir perjalanan. Boleh dibilang, inilah novel tentang harapan dan keluarga yang menegangkan sekaligus menggetarkan jiwa.

The Road
Pengarang: Cormac McCarthy
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Januari 2009
Tebal: 264 halaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: