dunia buku (beta)

MEMBEDAH BANK SYARIAH GAYA NOVEL

Posted on: April 2, 2009

Beny Armand Reza punya segudang pengalaman kerja di bank dan konsultan keuangan syariah.Ini membuat dia paham benar soal keuangan syariah.

Sosok Gus Ben inilah yang dipakai Ahmad mengupas bank syariah dengan gaya novel. Lewat percakapan antara Gus Ben dengan kenalannya itulah dipaparkan konsep dan produk bank syariah, serta perkembangan bank jenis ini di Indonesia.

Ada banyak pilihan menjelaskan hal-hal yang terbilang baru seperti perbankan syariah ini yang oleh beberapa penulis diakali dengan membanjiri dengan studi kasus atau menyampaikan lewat komik. Gaya novel dalam buku ini bisa menjadi alternatif apalagi cara pengemasan Ahmad yang membuat penjelasannya bak obrolan di warung kopi yang membacanya tak perlu banyak mengerutkan kening.

Pembahasaan gaya fiksi ini membuat isi buku terasa ringan namun Ahmad kelihatannya masih kesulitan saat harus membahas contoh yang menyertakan angka yang membuatnya bagian-bagian itu terkesan kaku dan rumit. Istilah-istilah perbankan juga dimuat tanpa penjelasan mendetil sehingga buku ini memang lebih cocok dibaca oleh kalangan yang sudah mafhum dengan dunia perbankan.

Ahmad sepertinya terlalu ingin menjelaskan semua hal sehingga semua ia masukkan ke dalam buku ini. Beberapa istilah perbankan ia asumsikan telah dipahami pembacanya bahkan langkah Ahmad yang membandingkan paham riba antar agama demi menguatkan argumentasinya pun terkesan kelewat dipaksakan karena tak dibubuhi penjelasan yang memadai ini bisa menyesatkan pembacanya pada kesan yang salah tentang agama lain.

Ini Lho, Bank Syariah!
Pengarang: Ahmad Ifham Solihin
Penerbit: Hamdalah, September 2008
Tebal: xii + 318 halaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: