dunia buku (beta)

KISAH REMAJA PENJELAJAH WAKTU

Posted on: April 24, 2009

cover buku dari situs bukabuku.com

Sebuah kekacauan kecil di laboratorium Dr. Dyer membuat mesin antigravitasi melemparkan dua remaja belia Peter Shock dan Kate Dyer terlempar ke 1763. Tahu-tahu mereka sudah terbangun di tanah pertanian yang tak mereka kenal.

Berbeda dengan novel lain yang berlama-lama mengenalkan dunia yang baru itu, kedua tokoh tadi langsung dihadapkan dengan tokoh antagonis Tar Man yang ingin merebut mesin antigravitasi. Nantinya Peter dan Kate akan bertemu dengan Gideon yang akan membantu merebut mesin yang bisa mengembalikan mereka ke abad 21.

Sosok dan perangai Tar Man yang bengis dan licik barangkali kelewat menegangkan bagi pembaca anak-anak apalagi konflik dengannya terus terjadi sepanjang novel. Namun hebatnya pertentangan antara Peter dan Tar Man yang panjang tersebut tak memunculkan kata-kata kasar.

Novel ini merupakan buku pertama dari The Gideon Trilogy. Buku ini banyak dipuji karena mampu menggambarkan kehidupan kehidupan abad ke-18 dengan baik dan hidup sehingga seting cerita tak hanya sekedar pelengkap tapi bisa memberi pemahaman pada pembaca soal kehidupan di masa itu.

Namun dari segi sains memang agak janggal, biasanya mesin penembus waktu memakai teori-teori relativitas ruang dan waktu. Novel ini malah memakai teori gravitasi yang seolah-olah melemparkan peristiwa kembali ke masa silam sebagai akibat adanya the dark material yang mengatur alam semesta.

Gideon the Cutpurse
Pengarang: Linda Buckley-Archer
Penerbit: Mizan Pustaka
Tebal: 511 halaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: