dunia buku (beta)

SEJARAH DUNIA DALAM SEPULUH SETENGAH BAB

Posted on: April 27, 2009

cover buku dai situs toko buku gramedia

Julian Barnes punya versi berbeda tentang kisah Nuh dan bahteranya. Cerita itu datang dari penumpang gelap kapal yang membantah hanya dua ekor binatang dibawa dari setiap spesies karena yang benar ada lima ekor cadangan sebagai persediaan makanan, dan bahtera Nuh bukan satu kapal tapi satu armada, dan masih banyak lagi perkara hilangnya spesies-spesies akibat kecerobohan orang-orang di atas kapal.

Inilah sejarah dunia versi Julian Barnes dalam novelnya. Barnes tidak sedang mencela agama tertentu karena ia di satu bab bahkan menunjukkan betapa tidak mustahilnya seorang bertahan hidup di perut ikan paus. Dalam setiap bab Barnes menampilkan sosok narator yang unik yang menceritakan versi sejarah alternatif yang jauh berbeda dari yang telah diketahui selama berabad-abad.

Barnes tak sekedar mengarang bebas namun mendasari tulisannya dengan studi literatur yang ketat. Selain mengajak melihat ulang sejarah Barnes juga mendorong pembacanya mencari kaitan antar bab dan alasan pemilihan sebuah peristiwa sejarah.

Meski berbentuk novel gaya penulisan Barnes ini tak masuk dalam tradisi penulisan fiksi manapun karena ia memakai gaya fabulasi. Ini gaya menulis yang mulai berkembang pada literatur fiksi abad ke-20 dimana penulisnya mengaburkan batas-batas antara kenyataan dan khayalan, serius dan candaan, kisah tragis dan lucu.

Sejarah Dunia dalam 10 ½ Bab
Pengarang: Julian Barnes
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia, 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: