dunia buku (beta)

SELINGKUH, PROSTITUSI, & NARKOBA

Posted on: May 18, 2009

Akhir dekade 1960, tersebutlah nama Dolly Khavit. Dia membeli sebidang lahan di Kota Surabaya, Jawa Timur, dan mendirikan daerah lokalisasi yang kini dikenal sebagai Gang Dolly. Inilah tempat Anik dijual oleh seorang sopir beberapa tahun yang lalu sampai akhirnya bisa melepaskan diri dari belitan muncikarinya. Masih ada pula cerita tentang Eva, yang suaminya menikah lagi di hari kelahiran anaknya; juga Sherli, yang ditinggal pacarnya dalam keadaan hamil.

Penggalan kisah hidup para pekerja seks ini mengawali sepuluh kisah nyata karya pemenang Kontes Inspirasi dan Harapan yang digelar Penerbit Erlangga tahun lalu. Mereka menceritakan pengalaman pribadi atau kisah hidup kenalannya seputar masalah narkoba, homoseksualitas, perselingkuhan, dan pelacuran.

Setiap cerita dibiarkan dalam gaya tiap penulisnya, yang kadang memenggal cerita dengan puisi, kutipan kata-kata bijak, dan ayat kitab suci. Ini membuat isi bukunya beragam, meski di sebagian cerita terasa mengganggu keasyikan membaca.

Ada yang sudah menulis kisah nyata dengan gaya fiksi sehingga enak dibaca. Selebihnya masih mempertahankan cerita dan plot khas kisah nyata yang sering muncul di majalah yang membuatnya terasa klise. Meski tema ceritanya klise, buku ini mengingatkan bahwa problema sosial tersebut masih ada dan sebagian orang menderita karenanya.

Jangan Bilang Siapa-siapa
Penerbit: Erlangga, 2009
Tebal: 296 halaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: