dunia buku (beta)

NOVELIS TURKI DITUDUH MENISTA AGAMA

Posted on: May 27, 2009

taken from wikipedia

ISTANBUL – Novelis asal Turki, Nedim Gursel, diadili karena bukunya The Daughters of Allah dinilai menghina Islam. Pengacara Gursel, Sehnaz Yuzer, mengatakan Direktorat Agama Turki menuduh karakterisasi keluarga Nabi Muhammad dalam novel kliennya telah menghina agama dan menimbulkan kebencian di tengah masyarakat.

Gursel yang kini menetap di Perancis terbang ke Istanbul Selasa (26/5) untuk menghadiri sidang pendahuluan pada Selasa (26/5). Jika terbukti bersalah, ia terancam terkena hukuman penjara antara satu hingga tiga tahun.

Gursel sendiri membantah tuduhan tersebut dan menyatakan tak ada kalimat dalam novelnya yang menghina agama. “Buku saya juga sudah setahun beredar dan dibaca lebih dari 30 ribu orang,” ujarnya. “Sejauh ini tak ada kemarahan dan kebencian akibat buku saya seperti yang mereka tuduhkan itu.”

Gursel pun protes campur tangan direktorat yang bertugas mengurusi kegiatan masjid dan pembelajaran teologi tersebut dalam proses peradilan. “Direktorat itu tak punya hak mengatur bagaimana sebuah buku harus ditulis,” kata pengajar literatur kontemporer Turki di Universitas Sorbonne, Perancis.

Sebelumnya novelis berusia 58 tahun ini juga pernah berurusan dengan pengadilan Turki karena tulisannya yang diterbitkan sebuah majalah pada tahun 1960-an. Kasus tersebut membuatnya pindah ke Perancis.

Ini bukan pertama kalinya pengadilan Turki menyidangkan penggiat literatur dengan alasan penistaan agama. Sebelumnya penerbit buku God Delusion karya Richard Dawkin juga dituntut ke pengadilan namun tak berujung pada hukuman penjara.

Asosiasi penulis internasional, PEN, menilai pengadilan terhadap Gursel tersebut tak sejalan dengan semnagat kebebasan berbicara dan berekspresi. Padahal, Turki yang tengah dalam proses menjadi anggota Uni Eropa mestinya mengikuti kovenan internasional dan kovenan Eropa yang mengatur perlindungan terhadap kebebasan berbicara dan berekspresi. Dalam pernyataan resmi di situsnya, PEN, mendesak pemerintah Turki melindungi kebebasan penulis untuk berekspresi.

(dikutip dari Reuters tambahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: