dunia buku (beta)

MENGUPAS ASAL ETNIK BETAWI

Posted on: July 5, 2009

Buku ini bikin berang banyak orang Betawi di Jakarta. Sebagian orang merasa Lance Castles, peneliti asal Australia, menghina orang Betawi karena penelitiannya secara tak langsung menyebut suku ini keturunan budak.

Lance sendiri sama sekali tak menduga penelitiannya bisa menggusarkan orang Betawi. Dalam penelitian yang menggunakan pendekatan demografi itu Lance berusaha memahami permasalahan sosial di Jakarta dengan berkaca pada latar belakang etnis yang membentuk masyarakat Jakarta.

Dalam hasil penelitian yang dipublikasikan Universitas Cornell pada 1967 itu Lance memaparkan bahwa setelah membersihkan Jakarta dari penduduk aslinya, Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Jan Pieterszoon Coen mendatangkan budak dan pasukan dari berbagai latar belakang etnis ke kota Batavia. Lance lantas menyimpulkan awal abad ke-19 etnis itu melebur menjadi satu suku baru yakni orang Betawi.

“Masalahnya banyak orang Betawi marah padahal belum pernah baca lengkap penelitian itu,” kata Pemimpin Masup Jakarta, J.J. Rizal. Karena itu Rizal memutuskan menerbitkan penelitian Lance dalam bahasa Indonesia sehingga ketahuanlah perbedaan pengertian soal orang Betawi.

Berbeda dengan Lance, penulis Betawi Ridwan Saidi melihat orang Betawi sudah ada sebelum VOC datang ke nusantara sementara Pengajar Departemen Sejarah Universitas Indonesia Bondan Kanumoyoso berargumen unsur pembentuk orang Betawi justru mayoritas datang dari daerah luar kota tembok Batavia yang bukan budak bawaan JP Coen.

Judul Buku: Profil Etnik Jakarta
Penulis: Lance Castles
Penerbit: Masup Jakarta (2007)

3 Responses to "MENGUPAS ASAL ETNIK BETAWI"

Bagaimana saya mendapatkan buku ini?

teguh, silahkan kontak penerbit komunitas bambu: jln. Pala No. 4B Beji Timur Depok 16422 Telp/Fax : +6221-77206987 SMS : +62813-8543-0505

Hmm.. begitu ya? Sama dengsn orang Australia yang keturunan penjahat dari tanah Inggris Ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: