dunia buku (beta)

CERITA PEREMPUAN-PEREMPUAN ARAB

Posted on: July 28, 2009

Qanta, yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di Inggris dan Amerika, mengalami gegar budaya yang hebat saat ia hijrah ke Arab Saudi. Perempuan berdarah Pakistan ini mengisahkan pengalamannya menjadi dokter di King Fahd National Guard Hospital sepanjang dua tahun.

Ada lebih dari 30 cerita pengalaman Qanta, dari mengoperasi perempuan sesepuh suku Badui yang mesti tetap bercadar saat dibedah hingga saat ia berurusan dengan polisi agama Mutawaeen karena makan dalam ruangan bercampur antara lelaki dan perempuan. Semua pengalaman itu membuat Qanta heran mengapa peraturan agama di negara itu justru membuat perempuan di Saudi terkekang dan tertindas. ”Meskipun aku seorang muslim, aku merasa seperti orang asing di kerajaan ini,” tulisnya.

Qanta juga bercerita tentang tumbuhnya modernisasi di negeri itu. Ia menemui perempuan-perempuan yang berupaya mendobrak kungkungan dan segelintir suami yang mendukung ide-ide mereka serta mengupayakan perubahan lewat anak-anak mereka.

Ini adalah buku kelima terbitan Ufuk yang mengangkat kisah nyata perempuan di Arab Saudi. Sebelumnya, penerbit ini telah merilis buku trilogi Princes dan The Girls of Riyadh.

The Lost Arabian Women
Pengarang: Qanta A. Ahmed
Penerbit: Ufuk Press, Mei 2009
Tebal: 615 halaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: