dunia buku (beta)

MENGULAS MISTERI 2012

Posted on: August 4, 2009

oleh Okta Wiguna

Bangsa Maya menjalani peradabannya di Amerika Tengah dan Meksiko tanpa mengenal logam dan roda. Tapi mereka bukanlah suku primitif dan terbelakang. Buktinya, tanpa teleskop dan mesin hitung, mereka menyusun kalender melalui pengamatan benda langit dengan mata telanjang yang disusun secara matematis.

Anehnya, meski peradaban Maya diperkirakan berkembang pada abad keempat dan kelima Masehi, sistem penanggalan yang mereka ciptakan itu dimulai pada 13 Agustus 3113 Sebelum Masehi dan berakhir pada 12 Desember 2012 Masehi.

Kalender inilah yang menjadi sumber ramalan bahwa kiamat datang pada 2012. Apalagi sistem penanggalan di peradaban kuno Cina, India, dan Persia juga menunjukkan sesuatu yang besar akan terjadi di seputar tanggal tersebut.

Isu kiamat 2012 ini sebenarnya cerita lama. Tapi, seiring dengan mendekatnya tenggat, banyak yang mulai mengaitkan penanggalan Maya itu dengan aktivitas matahari yang akan mencapai puncaknya tiga tahun lagi. Badai (hurikan) Katrina, Rita, dan Wilma pada 2005 ternyata terjadi berbarengan dengan badai di matahari.

Perbincangan misteri 2012 ini juga menggejala di dunia literatur. Toko buku online Amazon.com memiliki lebih dari 40 judul buku dengan tema tersebut. Dari jumlah itu, setidaknya ada tiga buku yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Mereka yang tak terlalu suka membaca buku nonfiksi atau jeri dengan kerumitan teori dan ramalan akhir zaman bisa memulainya dari Invisible City karya M.G. Harris. Novelis kelahiran Kota Meksiko ini menulis seri novel remaja The Joshua Files, yang mengangkat perburuan buku suku Maya “Codex Ix” yang dipercaya memuat rahasia peristiwa pada 12 Desember 2012.

Setelah membaca novel yang diwarnai aksi baku hantam dan kejar-kejaran mobil ini, pembaca bisa melangkah ke buku Lawrence E. Joseph, Kiamat 2012: Investigasi Akhir Zaman. Setengah daging novel yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama ini didasari temuan arkeologi suku Maya dan hipotesis terbaru soal badai matahari yang berpotensi mengacaukan kehidupan di bumi.

Joseph mengumpulkan bahan dengan mengunjungi situs Maya serta berbincang dengan keturunan bangsa penghuni Semenanjung Yucatan ini. Dia juga mengunjungi pusat pengamatan benda langit di berbagai belahan dunia, ditambah perbincangan dengan ilmuwannya. Inilah yang membuat bukunya lebih hidup.

Namun, informasi yang dikumpulkan itu membuat penulis berdarah Libanon ini tersandung pada data yang berisi angka, istilah, dan teori sains yang pelik. Agar pembacanya tak mengerutkan kening, Joseph mengemas hal itu dengan jenaka sampai-sampai hampir tak ada paragraf yang sepi dari humor dan sentilan nakalnya.

Sementara Joseph menuliskan dengan banyak memuat pandangan subyektifnya, buku Mystery of 2012 yang dikerjakan oleh tim yang dipimpin Gregg Braden justru menyajikan kumpulan tulisan yang lebih obyektif, serius, dan ilmiah.

Ada 24 tulisan yang dibuat oleh ilmuwan fisika, filsuf, seniman, sampai pemimpin spiritual termasuk Lawrence E. Joseph. Mereka membedah peradaban Maya sebagai sumber misteri, serta mengulas misteri 2012 dari sudut pandang sains, politik, ekonomi, dan spiritual.

Meski misteri seputar “kiamat dari matahari” rata-rata berbicara soal kehancuran dunia, ketiga buku ini justru menawarkan semacam optimisme. Bahwa orang-orang Maya sendiri tak pernah menyebut akhir kalender sebagai ajalnya bumi sehingga terbuka peluang lain, yakni Desember 2012 sebagai awal baru atau titik balik peradaban.

Harris, misalnya, menawarkan ide bahwa dalam “Codex Ix” barangkali ada jawaban cara menghindarkan manusia dari bencana 2012. Sementara itu, Gregg menawarkan satu bab yang mengajak agar memakai momen 2012 itu sebagai pelecut introspeksi serta memprediksi secara positif kemungkinan yang terjadi setelahnya.

Toh, sepanjang sejarah manusia, telah muncul prediksi kapan hari akhir zaman terjadi namun sejauh ini semuanya meleset. Bisa jadi ramalan 2012 salah satu yang keliru itu, namun seperti diutarakan Joseph, kiamat tetap akan terjadi dalam waktu dekat jika manusia menyalahgunakan teknologi menjadi senjata pemusnah massal dan enggan menyelamatkan bumi dari kerusakan lingkungan.


Pengarang: Gregg Barden dkk.
Penerbit: Ufuk Publishing House, Juni 2009
Tebal: xii + 579 halaman

22 Responses to "MENGULAS MISTERI 2012"

Smua itu kembali pda k’imanan seseorang…
hal itu pasti datang…
hanya kapan itu… hnya Tuhan yang TAhu

saya setuuju dng pendapat anda kiamat pasti dtng tp tdk tau kapan dtng nya!!!!!!!!!

aku ngk percaya!

I dont belive that……ga percayaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
hanya yng di Atas Yang Mha Tahu Atas Segalanya…….yeee gaaakkkk?????/

Dear all,

Masalah kiamat memang kembali ke kepercayaan masing-masing, cuma beberapa bagian dari buku ini cukup ilmiah dan bisa diambil jadi pelajaran bahwa bencana bisa saja terjadi yang seperti kiamat kecil seandainya kita tak menyikapi atau mengantisipasinya.

betul…betul..betul,,,
emang secara ilmiah masuk akal juga kug….

tapi susah banget ya buad ngrubah diri…
hikz hikz…

apalagi saya!!pst g akn pcy

Saya tidak menyuruh anda untuk percaya,tapi saya menghimbau agar anda bersiap siap.

Gua gak percaya, Sang pencipta kok diramal, orang ngawur itu. Tapi gua tetep percaya klo kiamat itu pasti datang. Tapi hanya Allah yg tau.

emang ci tanda” kiamat dach di liatin k’kita smua, ya kita orng muslim blang kiamat sugro. percya or gx percya yg kta srahin ma tuhan za dweh….

AKU siqh…! yg pst ga prcy… ya law…!
oz yg tahu cm ALLAH swt .
klw orng2 bngs maya hanyalah prediksi semata tanpa adanya alasan yg jls. dia itu sngt2lah menyinpang dng islam maupun agama2 yg lain-y
but setidak-y kita ambil hikmah-y aja biar kita lebih dekat ma tuhan.

masa’ sieh???

kira2 bngsa maya iang ngasih tau cp yua??

khn iang tau rahasianya cm Allah SWT aj…..

Memang bumi sudah semakin tua, ditambah lagi ulah manusia yang semene2 terhadap bumi. Kapan terjadinya kiamat hanya Allah yang tau. Tapi nggak ada salahnya kita siap-siap. Yang blom sholat, sholatlah, yg auratnya masih kebuka, tutuplah, yang masih suka marah2, sabarlah. Yang masih pelit, sedekahlah. Pokoknya instropeksi diri kita masing2, dan lebih berbuat baik.

itu pasti akan terjadi dan kita sebagai manusia hanya bisa menunggu dan menjalankan kewajiban masing-masing sebagai umat beragama…
semua itu sudah di tetapkan oleh allah swt..

kalo manusia hidup damai, gak serakah kayak koruptor2, peduli sesama dan lingkungan sekitar. gak mengeruk kekayaan alam secara berlebih2an yang dapat merusak bumi,hidup harmonis, dll, setua-tuanya usia bumi’ dia akan tetap bersahabat dengan kita. dan kiamat gak bisa diramalkan oleh suku manapun juga di dunia ini. hanya Allah yang tahu. jadi sebagai manusia lakukan saja hak dan kewajiban kita sebaik-baiknya. gak usah sibuk2 ngurusin kiamat. mudah-mudahan dengan adanya issu ini kita bisa lebih instropeksi diri.

so tauuuuuuuuuuuuuuuuu

yg tau hanya allah…yg menciptakan Alam Dan seisinya…….

percaya akan ada nya hari kiamat mang harus….

tapi klo sama yg ini….MUSYRIk

Saya percaya apa yang telah dimuat dalam film-film belum apa-apanya dibanding kiamat yang sesungguhnya. Kiamat sesungguhnya jauh lebih mengerikan..!

Bagi yang mau menyelidiki lebih lanjut bisa dibaca Kitab Wahyu (Kitab Terakhir dari Alkitab Orang Kristen) Boleh lah kita katakan bahwa yang ada dalam film itu hanya kiamat kecil yang akan memulai kiamat yang lebih besar hingga kemusnahan segala sesuatu yang ada di bumi ini. Aku yakin semuanya telah tertulis dalam kitab suci. Salah satu dari bintang yang bernyala-nyala sedang menuju bumi namanya disebut Apsintus (Wahyu 8:11)

Aku mengamati perkembangan teknologi sekarang ini menjadi pemicu yang tidak akan terhindarkan dari terjadinya kiamat. Meskipun nanti ada masa redanya, karena harus muncul dulu seorang pemimpin dunia yang berkharisma yang dapat mepersatukan dunia serta berupaya untuk menyelamatkan dunia dari berbagai bencana. Dia akan menciptakan perdamaian dunia dengan mengabaikan tuntutan agama. Kiamat besar itu tiba merupakan puncak dari peradaban manusia. Teknologi sudah sedemikian canggih, segala sesuatu sudah bisa diatasi manusia sehingga pada akhirnya manusia tidak mengakui Allah dan tidak membutuhkan Allah. Waktu ini sudah sangat singkat dan sangat dekat. Aku mengamati setiap tahap perkembangan teknologi baik teknologi komputer, robot, satelit, persenjataan canggih, stasiun ruang angkasa semuanya bermuara kepada Kiamat besar yang tidak terelakkan oleh manusia. Sekarang sedang berjalan skenario global untuk menyelamatkan bumi ini dengan membunuh sebagian manusia. Karena bumi ini akan diselamatkan dari kepadatan penduduk. Tidak usah heran jikalau obat-obat yang kita konsumsi dan diimpor dari sumber yang tidak jelas bisa disusupi bibit penyakit secara random.

Dunia sedang dikendalikan oleh Satan dengan propaganda canggih melalu para pemimpin-pemimpin yang pintar, kaya, berkuasa, berpura-pura baik dan tidak taat pada Allah. Sekarang peperangan yang sesungguhnya sedang berkecamuk dan menimbulkan ketakutan, penderitaan, kelaparan, penyakit, kematian, di satu sisi terjadi kedurhakaan, kebohongan, kemunafikan, kemabukan, pesta pora. Tetapi sebuah harapan menanti kita semua yang mencintai Allah dan Firman-Nya, karena sebelum masa yang sukar itu sebagian orang akan diangkat oleh Yesus Kristus. Hanya satu saja pertanyaan yang perlu direnungkan, Bila tiba Yesus Kristus itu turun dari Sorga Apakah kita akan ikut diangkat bersama Dia? Yesus bersabda : “Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.(Wahyu 3:10)

jng kesu2 blng gak percya n prcya dl!!!semua kmbalikan pd qt sndri az,apakah skrg qt udah berada di jalan yg benar ap lum?segeralah bertaubat bagi kalian yg masih berada di jalan yg salah sebelum kiamat sesungguhnya benar2 terjadi…kpanpun waktunya qt gak tau?yg pntg qt pasrah sm Allah SWT…

q g percaya 2012 kiamat cz yg tau hanya tuhan segala sesuatu yg akan terjadi hanya bisa d perkirakan tpyang menentukan tuhan………..apa yg terjadi sekarang hanya sebuah teguran dr tuhan bahwa kita harus selalu menjaga bumi ini dan meningkatkan keimanan kita

well,, why don’t we try to think if ancient mayan was have their own prediction. So we can be prepared, or just think if that was warning for us.

di gramedia ada nggak buku2 diatas dijual.minimal buat pening kepala…

Misteri 2012. Kiamat 2012. Orang harus baca penjelasannya Aplinaro Chile Pextun, ketua suku Bangsa Maya. Ada kesalahan penerjemahan inskripsi tablet batu yang curi seroang pastor Prancis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: