dunia buku (beta)

PAMERAN DESAIN BUKU TERBAIK BELANDA

Posted on: October 16, 2009

taken from http://www.bestverzorgdeboeken.nl/

Sebanyak 33 sampul buku hasil kompetisi Desain Buku Belanda Terbaik 2008 dipamerkan di Erasmus Huis. Pameran ini berlangsung mulai 8 Oktober hingga 12 November mendatang.

Kompetisi desain buku tersebut merupakan ajang tahunan yang diadakan yayasan De Beste Verzorgde Boeken (Desain Buku Belanda Terbaik) yang terdiri dari organisasi pemasaran buku, desainer, dan industri grafis.

Kompetisi yang digelar sejak 1926 ini menilai keseluruhan desain buku mulai dari penanganan dan tata letak naskah, tipografi, hingga desain sampul. Juri biasanya campuran dari kalangan desainer grafis, penerbit, serta konsultan seni dan desain. Mereka menilai berdasarkan pembuatan, teknik cetak, gambar, dan teknik produksi grafisnya.

“Setiap penerbit di Belanda selalu menghargai desain,” kata Ketua Yayasan De Beste Verzorgde Boeken, Henk Kraima, dalam diskusi “Mengapa Penampilan Buku Harus Baik” di Erasmus Huis, Jakarta, pekan lalu.

Selain memasang poster sampul buku, pengunjung juga bisa menikmati beberapa desain buku mulai sampul hingga isinya. Pameran ini juga menampilkan desain buku karya Joost Grootens yang biasa menggarap buku tentang arsitektur, urbanisme, dan seni.

Note: *Disarikan kembali dari artikel Saat Jubah Buku Adalah Seni oleh Ismi Wahid di Koran Tempo Jumat, 16 Oktober 2009 dan http://www.bestverzorgdeboeken.nl

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: