dunia buku (beta)

GOOGLE AKAN BUKA TOKO BUKU DIGITAL

Posted on: October 19, 2009

Google berencana luncurkan toko buku digitalnya, Google Editions, pada pertengahan 2010. Rencana itu diungkapkan perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat ini pada ajang pameran buku Frankfurt Book Fair pekan lalu.

Berbeda dengan toko buku Amazon, Goodle hanya akan menjajakan e-book atau buku elektronik. Direktur Kerjasama Strategis Google, Amanda Edmonds, mengatakan buku digital nantinya bisa diunduh langsung dari situs Google Books. “Kami juga akan bekerja sama dengan toko buku dan penerbit sehingga pembeli bisa juga mengunduh dari situs mereka,” kata Edmonds.

Edmonds tak memaparkan lebih detail tentang skema kerja sama tersebut. Namun eksekutif perusahaan ini kepada harian Guardian di Inggris mengatakan akan mengambil keuntungan sebesar 37 persen dari penjualan langsung di situsnya dan akan membagi rata 55 persen dari harga jual jika buku digital dibeli lewat situs toko buku rekanan.

Menurut Edmonds, Google tak akan membuat alat pembaca buku seperti Kindle buatan Amazon sehingga format buku elektroniknya akan diupayakan bisa compatible dengan semua alat pembaca e-book. Google, kata dia, sudah menyiapkan piranti lunak agar buku elektroniknya bisa dibaca di sebanyak mungkin perangkat pembaca buku elektronik.

Google Editions merupakan langkah lanjutan setelah sebelumnya Google berencana mendigitalkan jutaan buku. Rencana tersebut mendapat tentangan dari berbagai organisasi, perusahaan, dan pemerintah yang menganggap hal tersebut akan memicu lebih banyak lagi pelanggaran hak cipta dan pembajakan buku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: